Skip to main content
cara budidaya ikan nila

Cara Budidaya Ikan Nila Dijamin Omset Besar!

Anda ingin tahu bagaimana cara budidaya ikan nila yang benar dan menghasilkan keuntungan? Memulai dan menjalankan budidaya ikan nila dapat dilakukan untuk memperoleh keuntungan berlipat.

Ikan nila sudah sangat umum di konsumsi oleh masyarakat. Di setiap pasar pasti menjual ikan nila untuk dikonsumsi. Ikan yang satu ini selain lezat juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran, jika permintaan terhadap ikan nila selalu meningkat setiap tahunnya. Serta banyak sekali keuntungan budidaya ikan nila yang lainnya.

cara budidaya ikan nila
4.proses karantina

Sayangnya, belum banyak para petani ikan yang bisa menyediakan stok untuk ikan nila. Jika anda ingin memulai budidaya ikan nila, maka keuntungannya sudah pasti sangat terjamin. Namun, untuk memulainya anda harus paham bagaimana cara budidaya ikan nila dengan benar. Lebih lengkapnya, kami akan mengulasnya hanya untuk anda.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Nila

Untuk melakukan budidaya ikan nila ada baiknya memahami caranya dengan benar. Berikut cara yang harus diperhatikan.

1. Pemilihan Kolam dan Media Ikan Nila

Ikan nila bisa dilakukan budidaya melalui berbagai macam media. Seperti kolam semen,kolam tanah, terpal atau yang lainnya. Cara budidaya ikan nila di kolam terpal sangat direkomendasikan. Karena, memberikan kemudahan dalam melakukan persiapan kolam nila. Cara ini juga termasuk dalam budidaya ikan nila modern saat ini.

Selain itu, juga nantinya akan lebih mudah untuk proses pembersihannya. Namun, jika menggunakan kolam terpal harus memastikan lokasi sekitar aman dan terdapat sinar matahari yang cukup. Jauhkan dari adanya rumput liar dan sampah. Lalu, buat media dengan menggali tanah secukupnya serta taburkan sekam di dasar kolam secara merta. Terakhir, masukan terpal pada tanah sampai benar.

2. Pemilihan Bibit Ikan

Memilih bibit ikan nila menjadi hal yang sangat penting dalam cara budidaya ikan nila. Tentunya, tidak sembarangan dalam memilih bibit. Karena, hal ini akan berpengaruh pada kualitas dari ikan yang nantinya. Untuk menemukan bibit yang berkualitas terdapat beberapa ciri-cirinya.

Ikan yang dipilih harus sehat seperti bergerak secara aktif. Kemudian, tidak memiliki cacat pada fisiknya. Ukuran dari ikan kurang lebih 12 cm. Serta, warna dari kulit ikan baik tidak ada kerusakan. Pemilihan bisa dilakukan secara selektif untuk menemukan bibit berkualitas.

3. Penyebaran Bibit

Setelah memilih bibit yang berkualitas, anda harus melakukan penebaran dengan benar. Karena, jika salah dalam prosedurnya bisa membuat bibit ikan menjadi stress. Dampaknya, dapat membuat ikan mati secara perlahan.

Untuk penyebarannya, siapkan ember yang berisikan air bersih dan bibit. Kemudian, penuhi air dari kolam serta tunggu kurang lebih 10 menit. Jika sudah, masukan secara perlahan embe tersebut ke kolam. Biarkan ikan nila berenang menuju kolam dengan sendirinya.

4. Perawatan dan Masa Panen

Cara memelihara ikan nila supaya cepat besar yaitu pada perawatannya. Terutama, dalam pemberian pakan kepada ikan. Untuk pakannya, disarankan menggunakan siput sawah, sayuran dengan potong kecil atau pelet. Intinya, makanan yang mengandung protein dan vitamin.

Lalu, bagaimana dengan masa panen dari cara budidaya ikan nila? Untuk masa panennya yaitu sekitar 6 bulan. Jika sudah 6 bulan maka berat ikan kurang lebih 510 gram. Jika belum dari 6 bulan jangan buru-buru untuk dipanen. Karena harga jualnya bisa jauh lebih rendah! Untuk pemasaran ikan nila bisa dengan mudah karena permintaan selalu meningkat.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk memulai budidaya ikan nila? Cara budidaya ikan nila di atas sangat bisa untuk anda coba. Tentunya, jika dilakukan dengan benar akan sangat menghasilkan. Selalu pastikan perawatan yang tepat dan masa panen sesuai waktunya!

Jual Bibit Ikan Nila Murah dengan Garansi

Bibit ikan nila juga merupakan hasil produksi Nabila Farm yang banyak dicari. Untuk anda yang membutuhkan benih nila murah dan berkualitas dengan berbagai ukuran, hubungi saja kami. Harga bibit ikan di tempat kami jauh lebih murah dibandingkan tempat pendederan ikan nila lainnya.

bibit nila merah super larasati
1.benih nila merah super larasati

 

benih nila gesit
2.benih nila gesit

Pendederan Bibit Ikan Nila di Nabila Farm

Untuk informasi tentang tempat usaha bibit ikan nila kami bisa dilihat di bawah ini:

Sistem : Budidaya intensif sistim inti dan plasma indukan bersertifikasi
Jenis : Nila Merah Super, Gesit, Best, Nirwana, GIFT, dan GMT
Sistem pengairan : Air mengalir
Sumber air : Mata air dan irigasi
Kolam : Tembok dan Tanah
Pakan : Pelet halus D0, F999 dan 781-2
Kedalaman : 25 – 60 cm
Kepadatan : 80 – 300 ekor / m2
Pengangkutan : Dikemas dengan styrofoam yang mampu bertahan sampai 17 jam.

Untuk kapasitas pengiriman bibit ikan nila Nabila Farm adalah sebagai berikut :

UKURANKAPASITAS / BOXHARGA LOKAL (Rp)
Larva50.000 ekor12
1-2 cm15.000 ekor20
2-3 cm7.000 ekor35
3-5 cm5.000 ekor55
4-6 cm4.000 ekor70
5-7 cm3.000 ekor95

 

 

bibit ikan nila
3.benih dalam kemasan

 

pendederan bibit nila
4.proses karantina

 

Persiapan Kolam untuk Budidaya dengan Bibit Ikan Nila

Persiapan kolam untuk budidaya nila harus dirancang dan dipersiapkan dengan baik sebelum pengiriman bibit ikan dari kami sampai ke tempat anda. Sehingga diharapkan proses penebaran dan adaptasi benih ke dalam kolam dapat berlangsung dengan baik, aman, dan lancar yang akan membuat bibit nila nyaman dan dapat berkembang dengan baik.

Untuk persiapan kolam pemeliharaan bibit ikan nila dilakukan sama seperti halnya terhadap jenis ikan air tawar lainnya. Persiapan kolam ini dimaksudkan terutama untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.

Tahap awal, kolam dikeringkan terlebih dahulu sehingga tanah pada dasar kolam benar-benar kering. Pengeringan ini berguna untuk membasmi ikan-ikan liar yang bersifat predator atau competitor yang dapat menghabiskan stok makanan yang ada.

Sambil menunggu tanah pada dasar kolam menjadi kering, anda bisa memperbaiki pematang kolam maupun memperkuatnya untuk menutup kebocoran yang ada agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Setelah dasar kolam benar-benar kering lalu diberi kapur tohor maupun dolomit dengan takaran 25 kg per 100 meter persegi. Tujuannya terutama untuk meningkatkan pH tanah maupun untuk membunuh hama atau patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan di atas.

larva bibit nila merah
5.larva nila merah

 

budidaya ikan nila
6.packing luar pulau

 

budidaya nila
7.packing dalam kota

Kolam pembesaran bibit ikan nila tidak harus dipupuk karena makanan ikan sebagian besar diperoleh dari makanan buatan atau tambahan. Namun bila dipupuk anda dapat menggunakan pupuk kandang 25 – 50 kg/100 m2 dan TSP 3 kg/100 m2. Perhatikan agar pupuk kandang yang digunakan harus benar-benar yang sudah matang agar tidak malah menjadi racun dan membunuh ikan.

Setelah pemupukan selesai kolam kemudian diisi dengan air setinggi 2 hingga 3 cm dan dibiarkan selama 2 sampai 3 hari. Selanjutnya air kolam bisa ditambah sedikit demi sedikit hingga kedalaman 40-60 cm dan terus ditambahkan sampai ketinggian 80 hingga 120 cm tergantung kepadatan dari jumlah ikan yang ada. Bibit ikan nila baru boleh ditebar setelah warna air berubah menjadi hijau terang (biasanya membutuhkan waktu 7 hingga 10 hari setelah pemupukan).

pemasaran bibit nila
8.benih siap kirim

 

jual bibit nila
9.kirim lewat cargo udara

Lihat juga tentang bibit ikan koi.

Untuk informasi pemesanan larva dan benih ikan nila atau anda ingin memperoleh harga termurah, silahkan hubungi Fadli di HP 085753563403 / 081227354545. Anda juga dapat langsung datang ke lokasi pembibitan kami UD Nabila Farm di Jl. Kaliurang Km 13,5 Yogyakarta. Kami dari Nabila Farma telah berpengalaman dalam pengiriman benih ikan antar pulau dan memberikan garansi bibit ikan nila yang dikirim selamat sampai ke tujuan anda.

Call Now
Whatsapp CS1
× Klik Chat Whatsapp